Laporan praktikum Ilmu bahan makanan ternak "pembuatan silase"



LAPORAN PRAKTIKUM
ILMU BAHAN MAKANAN TERNAK
PEMBUATAN SILASE



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
          Petemak lndonesia pada umumnya sering mengalami permasalahan kekurangan atau sampai kesulitan mendapatkan Hijauan Makanan Temak (HMT) segar sebagai pakan temak. Salah satu cara penanggulangan yang dilakukan petemak adalah dengan memberikan pakan seadanya yang diperoleh dengan mudah di sekitamya tanpa melihal  baik atau buruk kandungan nutrisinya. Pemberian pakan temak seadanya sangat mempengaruhi produktivitas temak seperti terlihat dari lambaurya Vol. 28 No. 3 pertumbuhan alau peningkatan berat badan (BB), rendabnya tingkat birahi dan terganggunya siklus reproduksi serta turunnya produksi susu.
          Pada musim hujan, adakalanya dijumpai HMT yang berlimpah sehingga upaya pengawetan hijauan segar yang disebut silase diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan kekurangan hijauan segar pada musim kesulitanpakan. Selain inr, pembuatan silase dimakudkan untuk mempertahankan kualitas atau bahkan meningkatkan hulitas HMT. Hal ini sangat penting karena prouktivitas ternak merupakan fungsi dari ketersediaan pakan dan kualitas.
          Pembuatan silase sudah dikenal lama sekali dan berkembang pesat di negara yang beriklim subtropis. Prinsip pembuatan silase adalam fermentasi hijauan oleh mikroba yang banyak menghasilkan asam laktat. Mikroba yang paling dominan adalah dari golongan bakteri asam laktat homofermentatif yang mampu melakukan fermentasi dalam keadaan aerob  dan anaerob. Asam llaktat yang di hasilkan selama proses fermentasi akan berperan sebagai zat pengawet sehingga dapat menghindarkan pertumbuhhan mikroorganisme pembusuk.



Download via google drive

Download full text
Laporan praktikum silase.txt


Cara download
1. klik link
2. tunggu muncul detikan di pojok kanan atas (5 detik)
3. tunggu detikan selesai
4. muncul skip add
5. klik skip add




Laporan praktikum Ilmu bahan makanan ternak "pembuatan silase" Laporan praktikum Ilmu bahan makanan ternak "pembuatan silase" Reviewed by giveaway on 14:36 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.